Purpose of Your Life

"Tidaklah Kuciptakan jin dan manusia kecuali supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. adz-Dzariyat: 56)

Pages

Friday, November 29, 2013

Teks Laporan Hasil Observasi : Sepeda Motor

Sepeda Motor

Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang dijalankan oleh mesin. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sepeda motor adalah sepeda besar yang dijalankan oleh mesin. Kedua roda pada sepeda motor letaknya sebaris lurus. Pada kecepatan tinggi, sepeda motor tetap stabil. Hal itu disebabkan karena adanya gaya giroskopik. Gaya giroskopik sendiri adalah suatu usaha yang dilakukan giroskop untuk tetap stail berputar pada poros yang sudah ditentukan. Apabila kecepatan rendah, kestabilan sepeda motor bergantung pada pengaturan setang oleh pengendara.

Pada abad 18, motor dibuat dalam bentuk sepeda besar yang ditenagai dengan mesin uap. Walaupun begitu, mesin uap masih belum berhasil dan dilanjutkan dengan mesin pembakaran dalam. Saat menggunakan mesin pembakaran dalam, sepeda besar tersebut memiliki tiga roda. Pada akhir abad 18, diciptakanlah mesin empat tak sebagai pengganti mesin uap. Bentuk sepeda besar juga berubah menjadi sepeda kayu yang sekaligus menjadi sepeda motor pertama di dunia.
Mesin sepeda motor modern seperti yang banyak ditemui saat ini terdiri dari 3 bagian. Bagian-bagian tersebut adalah kepala silinder, blok silinder mesin, dan bak engkol mesin. Kepala silinder berguna untuku mencegah kebocoran kompresi dan melepaskan panas. Kepala silinder terbuat dari bahan aluminium campuran karena tahan karat, tahan pada suhu tinggi, dan ringan. Selanjutnya untuk blok silinder mesin sebenarnya adalah satu kesatuan dengan komponen lainnya, yaitu silinder linier. Keduanya juga terbuat dari bahan yang ringan dan tahan pada suhu tinggi. Sedangkan bak engkol mesin merupakan bagian yang ditautkan pada rangka sepeda motor dan berguna sebagai rumah dari komponen-komponen sepeda motor. Bak engkol mesin juga terbuat dari bahan yang sama dan terletak di bawah blok silinder.

Jenis-jenis motor terbagi menjadi sepeda motor cruiser, sepeda motor dual sport, sepeda motor touring, sepeda motor skuter, sepeda motor bebek, sepeda motor sport, sepeda motor sport touring, dan sepeda motor listrik. Untuk lebih khususnya, sepeda motor dapat dibedakan menjadi sepeda motor dengan persneling standar, sepeda motor dengan kopling, dan sepeda motor matic. Sepeda motor dengan persneling standar atau yang biasa disebut sepeda motor gigi memiliki akselerasi standar. Sepeda motor gigi didesain untuk digunakan di jalan mendatar seperti di perkotaan. Sedangkan sepeda motor dengan kopling memiliki akselerasi yang tinggi. Dengan akselerasi yang tinggi sepeda motor dengan kopling tidak mengalami kesulitan dalam jalan menanjak. Sepeda motor matic sendiri dijalankan dengan tenaga mesin tanpa persneling atau kopling. Walaupun begitu, sepeda motor matic memiliki akselerasi yang tinggi seperti sepeda motor kopling.

Perawatan sepeda motor yang utama adalah dengan rajin mengganti oli. Penggunaaan oli juga harus diperhatikan sesuai dengan jenis sepeda motornya karena berbeda sepeda motor berbeda pula perawatan olinya. Oli juga bisa digunakan untuk melumasi rantai dan gear. Waktu penggantian oli juga bisa dibarengi dengan pembersihan karburator. Selain itu, rutin-rutinlah mengecek tekanan ban dan rem sebelum bepergian. Untuk tekanan ban perlu diperhatikan karena tekanan ban depan berbeda dengan ban belakang.



Sumber :


id.m.wikipedia.org/wiki/Sepeda_motor

answer.yahoo.com/question/index?qid=20130714142349AABBaXM




No comments:

Post a Comment